Gaji Marketing Officer Beserta Tugas dan Kemampuan yang Harus Dimiliki (2024)

ADVERTIsem*nT

Gaji marketing officer kerap dicari oleh pencari kerja yang berminat bekerja di bidang pemasaran. Marketing officer sendiri merupakan suatu pekerjaan yang fokus untuk memasarkan produk, baik barang maupun jasa.

ADVERTIsem*nT

Menurut buku Pengantar Manajemen karya M. Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardhika, fungsi marketing officer ialah memaksimalkan keuntungan perusahaan atau bisnis melalui beragam strategi yang tepat.

Lebih lanjut, berikut informasi seputar gaji marketing officer beserta tugas dan keterampilan yang perlu dimiliki.

Gaji Marketing Officer

Dikutip dari laman resmi Indeed, rata-rata gaji marketing officer sebesar Rp3.869.953. Untuk gaji marketing officer level senior di rentang Rp5,5 juta sampai Rp15 juta.

Gaji tersebut hanyalah kisaran, pasalnya tidak semua perusahaan memberi gaji dengan nominal yang sama. Perbedaan gaji marketing officer ditentukan oleh berbagai faktor, mulai dari lokasi tempat bekerja, pengalaman, masa kerja, tingkat pendidikan, dan sebagainya.

Tugas Marketing Officer

Orang yang berprofesi sebagai marketing officer memiliki tugas utama membuat ide pemasaran yang bisa meningkatkan penjualan. Dalam hal ini mereka juga berkecimpung dalam mempromosikan barang atau jasa.

ADVERTIsem*nT

Untuk itu mereka membutuhkan kemampuan kreatif agar menciptakan ide kamapnye yang menarik agar mendatangkan konsumen. Lebih lanjut, berikut daftar tugas marketing officer selengkapnya:

Keterampilan dan Pengetahuan yang Perlu Dimiliki Marketing Officer

Marketing officer memiliki peran yang amat penting bagi sebuah perusahaan. Pasalnya merekalah yang akan memikirkan bagaimana strategi agar produk terjual.

ADVERTIsem*nT

Lantas, apa saja keterampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang marketing officer? Mari ketahui jawabannya di bawah!

Memiliki kemampuan analisis

Seorang marketing officer harus cermat dan mempunyai keterampilan analisis. Kemampuan yang satu ini akan dibutuhkan saat menentukan target pasar yang tepat. Analisis juga dapat digunakan untuk mengetahui tren dan permintaan pasar.

Mempunyai kemampuan manajemen

Mereka yang bekerja di bidang pemasaran juga perlu memiliki kemampuan atau pengetahuan manajamen yang memadai. Hal ini akan berguna saat kamu merencanakan strategis bisnis, mengatur alokasi sumber daya, mengorganisasi Sumber Daya Manusia, dan memilih metode produksi, hingga sebagainya.

Memiliki kemampuan digital marketing

Saat ini bidang pemasaran sudah merambah ke platform digital. Untuk itu sebagai seorang marketer kamu harus memiliki kemampuan Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, dan manajemen media sosial.

ADVERTIsem*nT

Memiliki pengetahuan tentang layanan pelanggan

Pengetahuan tentang proses menyediakan layanan bagi pelanggan menjadi hal penting dalam dunia pemasaran. Pengetahuan layanan pelanggan ini meliputi evaluasi kepuasan konsumen, mencari tahu kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan lain-lain.

Itu dia informasi singkat mengenai gaji marketing officer. Bagaimana? Apakah kamu tertarik menjadi marketing officer?

(ZHR)

Gaji Marketing Officer Beserta Tugas dan Kemampuan yang Harus Dimiliki (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Aracelis Kilback

Last Updated:

Views: 5814

Rating: 4.3 / 5 (44 voted)

Reviews: 83% of readers found this page helpful

Author information

Name: Aracelis Kilback

Birthday: 1994-11-22

Address: Apt. 895 30151 Green Plain, Lake Mariela, RI 98141

Phone: +5992291857476

Job: Legal Officer

Hobby: LARPing, role-playing games, Slacklining, Reading, Inline skating, Brazilian jiu-jitsu, Dance

Introduction: My name is Aracelis Kilback, I am a nice, gentle, agreeable, joyous, attractive, combative, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.